Sejarah dan Pengertian Permainan Catur


           Catur adalah permainan Populer di kalangan Anak-anak sampai Dewasa. Permainan ini telah Terkenal Dari masa ke masa di tingkat Internasional dan permainan ini telah menjadi Game Olahraga Otak terbaik Dunia. Permainan ini dimainkan Oleh 2 Orang berhadapan secara langsung (Face to Face).

Bagian-bagian Catur :
- Papan Catur( berwarna Hitam Putih )

- Raja ( King )

- Ratu ( Star )

- Benteng ( Bom )

- Bishop ( Peluncur )

- Kuda ( L )

- Pion ( Prajurit )

Arti dan Istilah Catur :
      
          Catur berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti 4 ( Empat ) . Kata ini merupakan singkatan dari Caturangga yang berarti 4 Sudut . Dalam permainan catur kuno Catur dimainkan oleh 4 peserta di setiap sudut yang berbeda . Tetapi Catur kuno ini telah diubah karena terlalu rumit dan diubah menjadi Catur modern dimana pesertanya hanya 2 orang .

Sejarah Perjalanan Catur :
    
          Permainan pengasah otak ini bermula pada abad ke-6 di India , hasil karya Sisah Ibnu Dahn , dan selama masa pemerintahan raja Gupta . Dari india menyebar ke persia dengan sebutan catur "Shatranj di Sasranid" , dari Persia lalu menyebar ke Saudi Arabia , lalu menyebar di seluruh Spanyol dengan sebutan "Ajedrez" dan di Portugal bernama "Xadrez" . Pada abad ke-9 telah menyebar ke belahan bumi utara ( Eropa ) lalu mendunia pada abad ke-16.



Comments

Popular posts from this blog

Urutan skill Lost Saga

Tips Menaikkan Skill Lost Saga Dengan Mudah

Tips mendapatkan Jutaan Peso Lost Saga